Upgrade honda vario 125 pgm-fi dengan menganti per cvt


Bismillahirrahmanirrahiim.
Brurnses sekalian.
Gc sebagai pemakai honda vario 125 terus terang saja kecewa dengan akselerasi honda vario 125 pgm fi. 50% kekuatan fitur vario 125 tertutupi oleh kelemotan akselerasi tarikan awal honda vario 125.
Tapi apa mau dikata sudah terlanjur dibeli… Jadi ane berusaha upgrade step 1,
yaitu dengan cara mengganti per cvt honda vario 125 dengan per cvt honda pcx 32kgf.

Setelah inden sekitar 2minggu, gc pasang per cvt pcx itu dengan bantuan ahass di cileungsi…
Foto0104
yang lebih panjang adalah per cvt pcx

setelah per cvt pcx dipasang, ternyata…..
Ane kecewa…..
Ada peningkatan yang lumayan pada tarikan awal, tapi tidak signifikan, setelah mencapai 60 kpj, gas ditutup, lalu ditarik lagi, sentakannya lemah sekali, memang sih gc tidak menurunkan berat rollernya yang 18gram.
Gc sudah test ke bandung lewat jonggol, tarikannya ternyata sama saja. Kecepatan puncak ditanjakan jonggol-cariu-cikalong hanya sekitar 50-60kpj, tarikan untuk mendahului truck pasir yang banyak didaerah itu juga cuma sedikit saja lebih baik, bahkan hampir tidak terasa,
kondisi motor milik gc adalah ban depan 90/90, ban belakang 110/80. Belum ada variasi lain atau tambahan lain.
Mungkin nanti gc akan lanjut dengan upgrade honda vario 125 step 2, yaitu menurunkan berat rollernya menjadi 16 gram.
Jika masih mengecewakan juga, tambah koil protec, busi irridium, kalau mengecewakan juga, gc akan JUAL saja setelah selesai masa kreditnya.
So brurnses sekalian, mau beli vario 125 pgm-fi… Pikir-pikir lagi dah….
Review blogger papan atas mengenai tarikan mesin vario 125 yang katanya oke, ternyata mengecewakan, ada beberapa keluarga gc yang pakai honda vario 125, sama saja mengecewakan….
Kalau dibilang gc sedang bc, memang benar….. Gc kecewa berat, motor baru kok tidak bertenaga? Akselerasi kalah sama vario 110 dan motor lainnya… Honda vario 125 pgm fi hanya menang fitur, just name it, bagasi besar, tangki besar, cbs brake, lumayan irit
mesin…. 2 jempol kebawah, gc berumur diatas 30tahun jadi akselerasi adalah yang utama beserta fitur-fitur diatas….
Kesimpulan gc.
Kelemahan honda vario 125 lebih banyak daripada keunggulannya.
Jika tetap ingin membeli honda vario 125 pgm fi? Anda harus siapkan dana upgrade sekitar 1juta, jika ingin vario 125 brurnses siap turing naik turun gunung.
Soo buat yang merasa tidak berkenan dengan tulisan ini, gc mohon maaf, gc hanya menulis apa yang gc rasakan dengan honda vario 125 yang gc pergunakan sehari-hari….
Semoga bisa menjadi manfaat buat brurnses sekalian.
Wassalam,wr,wb

Tentang gc133hijrah

I love touring especially 2 wheels, bycicle, and motorcycle, 2wheels.... 1 heart
Pos ini dipublikasikan di Motor. Tandai permalink.

45 Balasan ke Upgrade honda vario 125 pgm-fi dengan menganti per cvt

  1. ipanase berkata:

    akselerasi ya, tanya mazped😀

    • gc133hijrah berkata:

      Info upgrade udah gc dapatkan dari Mazped, diy4all, ridertua, motobike, mas gisik, otomotif.net, kaskus dll…
      Honda vario 125 memang hanya menang fitur Pan…

      • ipanase berkata:

        mung heran, megison we nanjak 40 km/jam aku ra ptotes i, opo pancen nriman😀

      • gc133hijrah berkata:

        Megaproku juga lemot ko cuma wajar, udah tua, turun gigi bisa akselerasi lagi, la ini bandingannya sama yg seumuran, vario 110, beat karbu or fi, apalagi xeon…. Jauuuuuh….. Daerah ane berbukit-bukit…. Kalo cuma dijakarta aja sih lumayan aja

  2. ekomoker berkata:

    pake per cvt beat 1000rpm , roller 14 gr udah cukup nampol masbro , ini masih pake busi dan koil bawaan,cuma belum sempat nyoba naik turun gunung sich , tapi kalo turing ke jember udah 6 kali bulan kemaren

  3. ureuss berkata:

    gue cm gnti roller milik suzuki skywave dan rubah ecu ke step 2. hasilnya sangat memuaskan buat tanjakan sangat oke, klu buat dataran lebih oke. udah gue cb start sma vixion. vixion bisa nyalip d kisaran 112kpj.

  4. Ferry Obersturmhrer berkata:

    Contoh user yang pernah puas… beli HD pasti joss

  5. Andre berkata:

    mgkin krna pke ban agak lebar jdi pengaruh dan konsumsi bahan bakar pke pertamax or plus.
    tuk akselerasi ad kok yg jual filter protec tuk vario dan lumayan tuk akselerasi bawah tpi tuk atas’a jdi berkurang.Klo mw peningkatan bawah sampai atas hrus upgrade piggy back’a

    silakan mencoba

  6. alwi berkata:

    Dulu ane juga punya problem sama tarikan/ gas vario 125 ane. Pas awal ga bisa narik/ pas d tanjakan kurang kuat. Max di 70-80 km/h ud endut2an, alias ga bisa lbh kenceng lagi. Tapi setelah ane ganti bensin pake pertamax ga ada lg masalah itu. Vario 125 ane mantab tarikannya skrg.

  7. eko354 berkata:

    Wah berarti bener donk vario 125 tidak siap pakai.
    Vario saya pake pertamax dari baru (krn saya tahu kompresiya tinggi), tapi berhubung saya cuma pake sampe 50 km/h saja, masalah akselerasi nggak jadi problem. Yg belum solve getaran hebat (dibanding scopy) waktu start awal.

  8. dilla.gaplex berkata:

    Bro mo tnya ni kmrn ane bru gnti per CVT 1000rpm vario n roller 14gr pada vario 125 ane,,,trikannya pada putaran awal qo ttep lemot ya???n pada CVT nya da suara kya “klek,klek,klek” gtu,,,,,,pa tu gara2 rollernya atw per CVT nya 1000rpm milik vario 110 bro???mohon infonya bro mklum msih nubie hehehehe

  9. Lira berkata:

    Makin keren nih vario setelah diganti per cvtnya.

  10. Lukmanul Hakim berkata:

    Vario 125 PGM-FI tidak siap pakai gan, ane jujur akuin itu,,,

    Ane pake Suzuki Spin 125 dulu 5 tahun gk ada moodif-modifan udh enak bener performanya, cuma kalah style doang sama motor baru skarang, makanya ane ganti ke vario 125 pgmfi.

    Ane bingung kok ada aja yg gk enak,,,

    Ubahan yg ane lakukan:

    Busi Iridium Denso IU27
    Ferrox Stainless Steel Air Filter
    9power 3pcs
    Per CVT TDR Beat 1500rpm
    Roller Suzuki Skydrive 15gr (hati2 jangan pake roller suzuki skywave karna ukurannya gk 15gr lg, intinya harus 15gr, kalo pake per cvt 1500rpm, kalo pake per cvt pcx harus pake roller 16gr bisa round roller, flying roller)
    Kampas Kopling Pantekan pake bahan karbon (karna power dan torsi meningkat drasti makanya kampas kopling standar udh gk bisa menghandle dan akhirnya slip, sangat terasa saat di kecepatan 40-60kmpj dan sesekali saat melakukan pengereman di kecepatan rendah, jangan pake kampas kopling merk SPS atau lainnya yg aftermarket, karna bahan karbonnya gk bagus, cepet habis, mending pantekan aja di kaskus ada tuh yg recommended)

    Sebenarnya ane mau pake per cvt pcx, tapi karna males indent dan order online, maka ane putuskan pake per cvt beat aftermarket yg 1500rpm (lebih keras dari per cvt pcx yg kisaran 1300rpm), maka dari itu roller pas banget di 15gr (roller skydrive), kalo pake per cvt pcx harus pake roller 16gr karna kekerasan per cvt pcx dibawah per cvt tdr beat 1500rpm.

    Resiko atau efek sampingnya adalah V-Belt umurnya akan lebih pendek, kisaran 10.000 – 15.000 KM saja, dan harus dicek tiap 5000 KM jika harian dan cek tiap mau touring jika sering touring, agar gk kejadian V-Belt putus ditengah jalan yg bisa merusak komponen lain. Harga V-Belt sekitar 135rb saja,,

    ane pengen pake per cvt pcx tp udh enak pake per cvt beat tdr 1500rpn + roller skydrive 15gr (ori), dan kampas kopling pantekan berbahan karbon, tenaga mantaf, akselerasi mantaf, top speed mantep, irit bensin, mantaf di semua putaran dari 0kmpj sampai top speed (100kmpj -110kmpj on wheel dan 120kmpj di standar tengah, saat keadaan v belt baru, kalo v belt udh aus disisi-sisinya maka top speed turun tp gk banyak, masih bermasin di 1000kmpj on wheel), harga per cvt tdr beat 1500rpm 100rb :hiks,,, makanya mikir2 mau ganti per cvt lagi baru-baru ini, kecuali nanti kalo makan v belt kebangetan (ane belum tau berapa lama v belt bertahan, coz baru banget ane pake ubahan per cvt dan roller ini), nanti kalo v belt kemakan mulu di km yg gk terlalu jauh, bisa ganti ke per cvt pcx aja deh ane, haha,,,

    Ingat, perubahan per cvt harus diimbangi perubahan berat roller juga, maka dari itu idealnya ganti per cvt dulu dan kemudian akan mudah menentukan berapa berat roller yg ideal.

    Vario 125i tidak siap pakai !!!, wajar karna harga jual yg murah juga, jadi AHM melakukan cost reduction, makanya jangan percaya part standar deh, part standar itu nilai ekonomis aja, nilai performa gk bagus, roller standar aja cepat aus gk sampe 10km,,,

    Dan Vario 125i akan membuat kamu jadi maniax modifikasi, karena ini motor ibarat hp android yg bisa ditweak dan dicustom sesuka hati, tinggal duitnya aja lagi😀

  11. gambreng berkata:

    Mas Bro pakai loler skywife 15gram/skydrive.per Dah bener masbro pakai pck.jgn LP mas bro.pakai bensin Ron 92-95.mudik kemarin Ane Dah coba mudik ke wangon jateng hasil memuaskan .

  12. gambreng berkata:

    Per nya sudah bener pakai pck.loler nya ganti pakai skywife 15 gram.bensin minimal oktan92.kalau Ane biar lebih ̶̶•̸Ϟ•̸(y)*FM*O*FM*K*FM*E*FM*(y)•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶̶
    Ane pakai oli motul metic expert.bensin Ane pakai shell super.mudik kemarin Ane bawa ke wangon jateng hasil nya ok….. Send kanan terus masroooo

  13. FerryAgriadi berkata:

    Halo master2, klo udah pake per pcx , bagus pake roller 15 gram / 16 gram , pully depan udah ane rubah ke pully SPS , nah pas di coba 0 – 120 km di tunggangi, di kecepatan 60 km menuju 80 kayak ketahan dan pas 70 km motor langsung nyentak cepet ke 90 km/jam terus smpe 120 km/ jam, nah itu apa ya ? Apa roller kurang ringan atau roller kurang berat ? Ane pake per pcx roller 15 gram

    • gambreng berkata:

      Masbro.kalau Ane pakai 15gram punya sky wife.tp hati2 produksi omtahun lama ya…kalau Ane lebih percaya barang pabrikan.Soalnya kalau pabrikan berat lebih persisi.daya tahan juga ok.soal nya vario Ane di pakai juga buat harian..oh iya oli mesin Ane pakai motul metic expert 10-30 harga nya 68rb.di toda ..Hj nawi ….selamat mencoba.Mohon maaf kalau Ada salah kata..thanks

      • FerryAgriadi berkata:

        Nah sy ga nemu roller skywave yg 15 gram, yang ada sy nemu pas ditimbang 12 gram, klo oli sy lebih cocok AHM SPK 2 karena fully synthetic, klo motul cma semi synthetic, mesin terasa lebih panas klo digeber hingga 115-122 km. Tp cocok2an oli itu

      • gambreng berkata:

        Ada juga yang pakai skydrive beratnya 15gram.di cocokin dulu van ukuran loler agan sama loler skydrive soalnya Ane baca Ada yang pakai karena susah Cari skywife 15gramm. Thanks gan atas masukan oli .to van spx 2 tahan berapa km ….. Ane hijrah ke motul karena kecewa sama mpx2 …info ya gan

      • bagus berkata:

        Broo, ,, ane mau cari roller yg 15 gr skywave/ skydrive ama per cvt pcx150 yang ori, ,untuk dipasang di vario 125 ane,, mohon dibantu ,,,, 081246003999
        Thanks

    • gambreng berkata:

      Gan loler skywife keluaran 2012 ke atashmemang 12gram. Hati2 gan .pakai yang keluaran 2010… Kalau engga pakai sky drive juga Ga apa2…. Ane beli skywife 15gram di toko abeka ciledug gan

      • FerryAgriadi berkata:

        Klo oli ga pernah uji sampe brp km, sy tiap 1000 km ganti, skrg udh 21000 km (21x ganti) mesin tetep ok, sy skrg pake roller 13 gram rata 6 biji, pully SPS, per cvt pcx, penasaran jg yg 15 gram

      • gambreng berkata:

        Gan kemarin Ane baru upgrate vario 125 Ane .kipas pcx per sentrin Ane ganti pakai Honda zome x 3 buah per cvt ganti baru pakai pcx karet space lite 3 buah yang di depan Ane ganti pakai Honda pcx. Total 250 ribu sama Agan wendri .Ga pake inden gan … Cuma mau Tanya loler nua pakai 15 atau 16 gram jadi vario rasa pcx

  14. VinoBastian berkata:

    oli pake amsoil scooter gan ! oli terbaik di dunia setelah oli omega hilang dari pasaran *menurut ane sih ya … peace !!!

  15. agung76 berkata:

    Bawa ke Gas motor! Maka vario akan nampol tarikannya, biaya ringan. Ketemu ama mas toga fantiarso, pake kampas bikinan dia yg pernah di sambangi tabloid otomotif. Lokasinya di jagakarsa ciganjur,sebelah smp 131. Searching aja di kaskus tentang mas toga ini. Heheh motor jadi maknyusssss

  16. Meski tak banyak ubahan dilakukan di sektor mesin, Honda Vario Techno 125 PGM-FI bisa dibuat lebih berakselerasi. Ahmad Zunaedi dari bengkel British Auto Tech, punya cara simpel buat tingkatkan performa matik Honda ini lewat maksimalkan kinerja CVT. Makanya, tarikan bisa lebih yahud!

    Ubahan yang dikerjakan juga simpel, hanya melakukan subtitusi part CVT tanpa harus main bubut sana-sini. Menurut mekanik yang akrab dipanggil Zuna, hasilnya juga cukup lumayan. Motor lebih enak di putaran atas dan bawah setelah melakukan substitusi. Wah, substitusi?

    Iya! Langkah awal yang dilakukan, yakni mengganti satu set roller Vario dengan milik Suzuki Skywave. Dengan ubahan ini, berarti berat roller menjadi lebih ringan. Karena roller standar Vario Techno 125 berbobot 18 gram. Sedangkan milik Suzuki Skywave, hanya berbobot 15 gram. Soal ukuran, sama. Tinggal plek tanpa harus mengubah rumah roller.

    “Pake roller orisinil punya Skywave yang memiliki bobot lebih enteng. Pilih yang orisinil, karena beratnya pasti lebih presisi dibanding roller aftermarket. Daya tahannya juga lebih bagus,” ujar mekanik yang alamat bengkelnya di Jl. Kh. M Yusuf, Depok Dua Tengah, Depok, Jawa Barat.

    Penggantian roller dengan bobot lebih ringan ini, bikin tarikan bawah Vario Techno 125 PGM-FI lebih enteng, akselerasi bisa lebih cepet. Ini bisa terjadi karena roller dengan bobot yang lebih ringan bisa mendorong pully lebih cepat.

    Setelah membuat akselerasi mantap, langkah selanjutnya mengakali agar putaran atas tidak terlalu loyo. Penggatian per CVT, jadi rujukan. Untuk part ini Zuna juga tidak mau menggunakan part aftermarket. Part substitusi pabrikan, masih menjadi pilihan dengan alasan daya tahan yang lebih bagus.

    Akhirnya pilihan dijatuhkan ke per CVT milik Honda PCX. Pasalnya, part yang dibanderol dengan harga Rp 34 ribu di dealer resmi Honda ini, memiliki ukuran yang lebih panjang dibandingkan per standar milik Vario.

    Selain lebih panjang, per CVT PCX juga lebih kaku. Meski demikian, masalah pemasangan jangan dipusingkan. Karena per CVT PCX bisa langsung dipasang di CVT Vario tanpa harus ubah apapun.

    “Yang jelas, part asli umumnya memiliki daya tahan dan kinerja yang lebih bagus dibanding part aftermarket. Karena part sudah didesain dan dibuat sesuai dengan kebutuhan berkendara kita sehari-hari,” ucap mekanik yang 2 tahun bekerja di bengkel resmi Honda.

    Lewat penggunaan CVT PCX yang lebih panjang dan lebih kaku ini, bikin putaran atas Vario 125 PGM-FI lebih maksimal. Jadi, seimbang. Motor enak buat diajak stop n go karena akselerasi mantap, tetapi juga tak kedodoran di trek lurus nan panjang. Maknyuss!.

    Untuk bahan bakar pakai premium (biasa yang dijual Pertamina) dengan OCTANE 88 ,terus ditetesi “AKASHU 95 HPA 08″ , dengan perbandingan 1 Liter cukup 5 sampai 8 tetes “AKASHU 95 HPA 08″ OCTANE akan meningkat menjadi 95 (Setara PERTAMAX PLUS) ! buat informasi “AKASHU 95 HPA 08″ Pertama dan satu-satunya OCTANE BOOSTER yang telah lolos uji dari LEMIGAS NASIONAL loh…..

    HP : 085737399907
    BB : 28CB3A54
    Blog : http://www.cairanpengiritbbm.blogspot.com

  17. Eris berkata:

    Saya setuju dengan tulisan ini. Dikatakan kalau mesin Vario 125 sama dengan PCX. Tapi Vario 125 lebih banyak problemnya. Saya juga pernah punya. Pertama tahu kemunculan ini motor, langsung pingin banget. Setelah punya sendiri. Dan merasakan teknologinya. Hasilnya sungguh2 mengecewakan. Akselerasi nggembos. Bahkan bisa dibilang lebih enak punya Honda Beat yg notabene berada dibawah kelas Vario 125. Belum lagi gejala brebet / busi mau mati. Yg sering perjalanan jauh, pasti bakal komplain soal ini. Bahkan gak sampai pemakain 1.000 km, sudah harus ganti busi yg baru.

    Akhirnya cukup kesabaran saya buat ini motor. Dan akhirnya belum genap 6 bulan. Langsung saya Jual.

  18. Kamil berkata:

    Ubahan di vario ane…
    Blok PCX 150
    Head PCX 150(Port Polish)
    Piston sonic 58
    Injector PCX 150
    Tube selang udara PCX 150
    FR 14 gr
    Pulley SPS
    Per CVT beat ori
    Kanvas kopling Vario 110
    Leher knalpot tsukigi(belakang ori lepas katalistnya saja)
    Bengkel : JHMPRO-Jakbar
    untuk masalah getar ganti aja per sentrifugal beat 110(3 biji)

    puass…belon gan…next mau icip icip nocken as nih…

    Yang diuber udah bukan matic lagi soalnya:)

  19. jahe berkata:

    walah, ini malah lg pertimbangan ganti NMP dgn Vario125

  20. Dian berkata:

    Kalo ane punya pakai per cvt pcx, sliding roller 13 gram dr pulley, busi ngk platinum, pertamax ato pertamax plus, ban michelin pilot street 80/80 – 90/80. lumayan lah bisa sampai kena limiter di 9800rpm

  21. Bagas berkata:

    kok pgm fi ane kuat ya naek turun bromo ?
    masih STD.
    gag ada modif sama sekali.

  22. Bajaj berkata:

    Vario techno 125 hanya lemot jika pake bbm premium,ni pengalaman sy.pas ganti pake pertamax ron 92 agak rada nampol,ganti pake pertamax ron 95 masalah lemot clear.dan skrg pake ron 95 shell v-power semakin mantap aja performanya.intinya performa mesin vario 125 hanya cocok pake ron 95.

  23. Ane bingung nih gan…top speed Vario 125 ane cuma bisa mentok diangka 100km/jam…itupun dari 90 mau ke 100km/perjam harus merangkak dlu jalannya…padahal bahan bakar ane selalu pake shell V-power dari pertama beli..memang untuk bagian CVT blm ada 1 pun yang ane rubah…mohon info dan saran dong biar top speed bisa naik lagi…tks

    • gc133hijrah berkata:

      Udah upgrade apa aja gan….

      Wtf ane bisa 110kpj on speedo,
      dgn spek ini…

      Berat badan ana 90kg

      per cvt pcx
      per sentri zoomer
      sliding shave pcx
      vbelt pcx 150
      roller 15,5gram, aslinya wtf old 18gram,
      gir counter pcx.
      Filter ferrox
      nosel pcx

      dah itu aja….

      Jika yg bawa lebih ringan dr ana, mungkin bisa 120kpj on wheel…

  24. yuwant berkata:

    Adakah vario125 yang bisa mencapai 120kmh .on wheel

  25. yuwant berkata:

    Varioku bisa mencapai segitu dalam posisi riding ngrebah(nunduk ) . memblakangi cbr150😀 wkwkw

Gimana opini brader

